SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GEOGRAFI “PERAN STRATEGIS GEOGRAFI DALAM MENOPANG KETERJANGKAUAN AKSES GEOINFORMATIKA DI PROVINSI NTT”.

Penyelenggaraan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 mengharuskan pembelajaran dalam jaringan [daring]. Di wilayah Provinsi NTT dengan karakteristik kepulauan dan pola sebaran penduduk di pedalaman yang sulit dijangkau akses internet, keterbatasan perangkat, terbatasnya kapasitas sdm dalam pemanfaatan sistem informasi penyelenggaraan pembelajaran daring serta berbagai persoalan lainnya menjadi fokus masalah dalam seminar nasional ini. Berbagai masalah dimaksud akan menjadi turunan topik seminar diharapkan akan dijawab dalam berbagai produk tulisan kajian ilmiah dari para ahli berkompeten, baik yang tersaji dalam seminar maupun oleh forum yang akan mendiskusikannya. Oleh karena itu pilihan tema yang kami angkat dalam seminar nasional pendidikan geografi FKIP Undana tahun 2021 ini adalah “Peran Strategis Geografi Dalam Menopang Keterjangkauan Akses Geoinformatika Di Propinsi Nusa Tenggara Timur“.

Seminar Nasional Pendidikan Geografi Tahun 2021 Ini Dilaksanakan Pada Hari Sabtu Tanggal 9 Oktober 2021 Secara Online Dan Difasilitasi Di Aula Lantai 3 Pascasarjana Undana. Seminar Nasional ini menghadirkan 3 Pembicara inti yakni:

  1. Bapak Syamsul Bahri, Ph.D (Dosen Pendidikan Geografi UM Malang). Beliau membahas tentang Kontribusi Geoinformatika dalam Pembelajaran Daring di Provinsi NTT.
  2. Bapak Muhammad Hilman Fikrianto, M.T. (Jabatan: Analis Kebijakan Muda Sub Koordinator Penataan Alokasi Dinas Tetap Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI). Beliau membahas tentang Daya Dukung Akses Goeinformatika di Provinsi NTT.
  3. Bapak Dr. Hamza Huri Wulakada, M.Si. (Ketua Program Studi S2 Pendidikan IPS Pascasarjana Undana). Beliau membahas tentang Dilema Persebaran dan Aksebilitas Prasarana Pendidikan di Provinsi NTT.

Adapun pembicara lanjutan dalam sesi pemakalah sebagai berikut:

  1. Hernita Pasongli, S.Pd. M.Pd. dengan judul makalah Potensi Wisata Pantai Tobololo Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kecamatan Ternate Barat Pulau Ternate
  2. Edwardus Iwantri Goma, dkk_Universitas Mulawarman: Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Android Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Liternasi Sains Peserta Didik

Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Geografi FKIP Undana, para alumni, bapak ibu guru geografi, dosen Undana maupun luar Undana, mahasiswa pascasarjana Undana, serta masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *